MENGATUR COUPLING, MENGGUNAKAN METODE STRAIGHTEDGE AND FEELER GAUGE
Kaki depan motor bertindak sebagai titik penting, dan semua penjajaran sebanding dengan perubahan jarak antara permukaan kopling dan kaki. Semua peralatan disejajarkan dengan cara yang sama, apakah itu motor dan pompa, motor dan gearbox, atau gearbox dan mesin. Garis tengah poros diluruskan. Untuk mencapai hal ini, kopling buatan presisi dipasang di poros, dan prosedur pelurusan dilakukan pada kopling. Menyelaraskan kopling, menggunakan metode straightedge dan feeler gage adalah melakukan perhitungan berulang kali untuk mengukur misalignment dan membuat penyesuaian untuk membawa kopling ke penyelarasan yang tepat.
- Menyesuaikan face alignment, tampilan atas
- Menyesuaikan OD alignment, tampilan atas
- Menyesuaikan face alignment, tampilan samping
- Menyesuaikan OD alignment, tampilan samping
- Menyesuaikan face and OD alignment, tampilan atas
- Menyesuaikan face and OD alignment, tampilan samping
A) Penyesuaian Face Alignment, Top View
Untuk tujuan pelurusan, permukaan kopling dibagi menjadi empat posisi. Ini adalah posisi 12-, 3-, 6-, dan 9 jam. Ini adalah posisi di mana semua pengukuran dilakukan. Posisi jam 12 adalah bagian atas kopling; posisi jam 6 adalah bagian bawah kopling; dan posisi 3- dan 9-jam adalah sisi-sisi kopling seperti yang dilihat dari sisi motor kopling. Posisi ini digunakan dalam semua metode penyelarasan.
Saat menyesuaikan face alignment, tampilan atas, pengukuran dilakukan pada posisi jam 3 dan 9. Untuk prosedur ini, asumsikan bahwa masalah pelurusan disebabkan oleh soft foot. Soft foot terjadi ketika satu atau lebih kaki STAT atau MTBM tidak disetel rata pada alas. Ini dapat menyebabkan masalah ketika anda mencoba menentukan ketebalan shim yang diperlukan untuk menyelaraskan kopling. Ketika mesin digerakkan atau digerus, jumlah gerakan sebanding dengan jarak yang dipindahkan kali panjang antara kaki dan kopling.
Catatan: Tanda-tanda kecocokan ini akan digunakan dalam semua prosedur penyelarasan konvensional. Tanda-tanda ini membantu memastikan bahwa kopling berada pada posisi yang sama persis untuk semua pengukuran. Tanda-tanda ini harus selalu sejalan dengan satu sama lain dan pada posisi jam 12.
B) Penyesesuaian OD Alignment, Top View
Ketika face alignment, tampilan atas telah disesuaikan, anda siap untuk menyesuaikan OD alignment, tampilan atas. Ini akan membuat tepi luar kedua kopling sejajar dari tampilan atas. Perawatan harus diambil untuk tidak mengubah face alignment karena OD alignment sedang disesuaikan.
C) Face Alignment, Side View
Setelah sambungan telah disejajarkan dari tampilan atas, anda siap untuk melakukan prosedur penyelarasan tampilan samping. Penjajaran side view sedikit lebih rumit dari penjajaran tampilan atas karena MTBM harus dinaikkan, diturunkan, atau dimiringkan untuk membawa bagian kopling ke dalam penyelarasan. Prosedur ini mengharuskan anda untuk dapat mengukur misalignment, menghitung ketebalan shim yang diperlukan, dan menginstal shims untuk memperbaiki misalignment. Menyesuaikan face alignment, tampilan samping juga mengharuskan STAT dimiringkan yang pada dasarnya untuk memperbaiki misalignment. Ingat, MTBM, atau driver, selalu disesuaikan dengan STAT, atau didorong
D) Penyesesuaian OD Alignment, Side View
Setelah face dilakukan alignment, dan side view benar. Maka anda telah siap untuk menyesesuaikan OD alignment, side view. Jika prosedur ini dilakukan dengan benar tanpa mengganggu alignment sebelumnya, penyelarasan akan selesai.
E) Penyesesuaian Face and OD Alignment, Top View
Anda telah belajar untuk menyesuaikan tampilan atas face alignment dan OD alignment sebagai dua prosedur terpisah. Anda mungkin telah menyadari bahwa adalah mungkin untuk menyesuaikan face alignment dan OD alignment secara bersamaan dengan menggabungkan prosedur. Untuk menggabungkan prosedur, ukur kedua penyelarasan tampilan atas (face dan OD) secara bersamaan, kemudian sesuaikan dan terus periksa OD aligment saat Anda menyesuaikan face alignment. Setiap kali Anda membuat penyesuaian face alignment, periksa OD alignmnet,menggunakan penggaris-sejajar. Dengan cara ini, ketika face alignment benar, OD alignment juga akan benar dan anda akan mencapai kedua aligment dengan penyesuaian yang lebih sedikit.
F) Penyesesuaian Face and OD Alignment, Side View
Dimungkinkan juga untuk menggabungkan penyesesuaian face dan OD alignment, side view ke dalam satu prosedur. Ini sedikit lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak perhitungan matematis daripada melakukan prosedur secara terpisah, tetapi itu akan menghemat waktu dan pekerjaan. Dalam prosedur sebelumnya, penempatan shim mengangkat atau menurunkan setengah kopling, tergantung di mana Anda menempatkan shims. Shims ditempatkan di bawah lugs terdekat setengah kopling mengangkat setengah kopling; shim ditempatkan di bawah lugs terjauh dari kopling setengah menurunkannya. Prosedur untuk menyesuaikan side view, tergantung pada apakah sambungan harus dinaikkan atau diturunkan untuk memperbaiki face alignment side view. Jika ada celah face yang lebih lebar di bagian bawah, kopling dinaikkan. Jika ada celah face yang lebih lebar di bagian atas, kopling diturunkan.
1) Meningkatkan Kopling
Jelas, ketika Anda menyesuaikan face alignment, side view, Anda juga mempengaruhi OD alignment. Ada cara untuk mencari tahu apa efek face alignment tampilan samping akan sama dengan OD alignmnet. Untuk melakukan ini, ukur misalignment tampilan sisi face dan tampilan sisi OD secara bersamaan, dan kemudian gunakan kedua pengukuran tersebut untuk menghitung ketebalan total shim yang diperlukan untuk menyelaraskan kopling. Dengan asumsi bahwa penyelarasan tampilan atas telah disesuaikan, Anda siap untuk menyesuaikan tampilan sisi dan OD. Masalah penyelarasan sampel digunakan untuk membantu anda memahami prosedur ini.
Comments
Post a Comment