JENIS MISALIGNMENT
Poros berputar biasanya sejajar dengan kopling di tempatnya. Pengukuran diambil dari kopling, dan penyesuaian dilakukan sesuai kebutuhan. Saat menyejajarkan dua bagian kopling sehingga poros akan sejajar, ada dua cara yang harus diluruskan. Pertama, diameter luar, juga disebut rims, dari kopling harus segaris sejajar dengan sekitar, maka muka kopling harus sebaris. Untuk alasan ini, alignment konvensional juga disebut rim-and-face alignment. Meskipun hanya ada dua cara agar kopling tidak selaras, mereka adalah dua cara untuk melihat ketidaksejajaran. Ini memberi kita empat jenis dasar misalignment.
Empat jenis dasar ketidak selarasan adalah sebagai berikut:
- Misalignment diameter luar, tampak samping
- Misalignment diameter luar, tampilan atas
- Face tidak selaras, tampak samping
- Face tidak selaras, tampilan atas
1) Outer Diameter (OD) Misalignment, Side View
Misalignment diameter luar juga disebut misalignment paralel. Misalignment OD, tampilan samping terjadi ketika salah satu bagian kopling tidak sejajar dengan yang lain jika dilihat dari samping. Dalam OD misalignment, satu kopling lebih tinggi dari yang lainnya. Dalam jenis misalignment ini, salah satu unit harus dinaikkan atau diturunkan untuk menyelaraskan kopling.
2) Outer Diameter (OD) Misalignment, Top View
Misalignment OD, tampilan atas terjadi ketika diameter luar coupling tidak selaras dari sisi ke sisi seperti yang terlihat dari atas. Dalam jenis misalignment ini, salah satu unit harus dipindahkan ke satu sisi atau yang lain untuk menyelaraskan kopling.
3) Face Misalignment, Side View
Misalignment face juga disebut misalignment sudut. Menghadapi ketidaksejajaran, tampilan samping berarti face kopling tidak rata satu sama lain jika dilihat dari samping. Dalam jenis misalignment ini, salah satu unit harus dimiringkan pada alasnya untuk menyelaraskan kopling.
4) Face Misalignment, Top View
Face tidak selaras, tampilan atas berarti face kopling tidak sama satu sama lain bila dilihat dari atas. Dalam jenis misalignment ini, salah satu unit harus diputar pada alasnya untuk menyelaraskan kopling. Meskipun ini adalah empat tipe dasar dari ketidaksejajaran, variasi dari keempat tipe tersebut dapat terjadi. Anda mungkin memiliki ketidaksejajaran OD, tampilan atas dan menghadapi misalignment, tampilan samping, atau Anda bisa memiliki masalah ketidakselarasan yang mencakup keempat jenis.
Comments
Post a Comment